Minggu, 05 Maret 2017

Pembangunan dari Siapa untuk Siapa

Pembangunan biasanya mengutamakan dalam mewujudkan perubahan sosial di lingkungan masyarakat. Rogers mengemukakan bahwa pembangunan merupakan perubahan yang berguna menuju suatu sistem sosial dan ekonomi yang diputuskan sebagai kehendak suatu bangsa. Pembangunan itu sendiri juga proses perubahan yang terencana sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk melakukan pembangunan.

Indonesia yang notabene negara berkembang melakukan pembangunan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, diperlukan waktu yang cukup lama bagi Indonesia untuk mengembangkan pembangunan terutama sektor ekonomi. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang kepadatan penduduk tinggi dan perkembangan penduduk cenderung cepat. Oleh karena itu, pembangunan ekonomi Indonesia dituntut untuk segera dilaksanakan guna mengatasi segala kemiskinan dan pengangguran. Sayangnya, pada Era Orde Baru pembangunan Indonesia yang seharusnya menyejahterakan masyarakatnya sedikitnya melainkan berbelok pada kaum borjuis dan pemilik modal. Sangat ironis jika dilihat pembangunan harus ditanggung bersama namun hanya menguntungkan kalangan tertentu. Jadi, dapat dikatakan bahwa ketidakstabilan politik dapat berpengaruh terhadap pembanguna ekonomi.

Seiring berjalannya waktu, pemerintah Indonesia bergerak cepat untuk memperbaiki dan melanjutkan pembangunan. Dimulai dengan investasi asing yang menanamkan modal di Indonesia tentunya diharapkan dapat menghilanngkan kemiskinan dan masyarakat mendapat pekerjaan. Kemudian industri-industri baru bermunculan membawa angin segar bagi masyarakat Indonesia. Puncaknya pada pemerintahan Presiden Jokowi pembangunan infrastruktur dan kemaritiman ditingkatkan untuk memberikan dampak dalam jangka panjang. 

Jadi, jika kembali pada pertanyaan pembangunan dari siapa untuk siapa? Saya akan menjawab pembangunan dari pemerintah untuk masyarakat agar dapat digunakan dalam waktu yang lama.



Sumber:

Arsyad, Lincolin. 1999. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: STIE YKPN.

Harum, H. dan Elvinaro Ardianto. Komunikasi Pembangunan & Perubahan Sosial Perspektif Dominan, Kaji Ulang, dan Teori Kritis. 2011. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

https://www.facebook.com/notes/suara-rakyat/pembangunan-untuk-siapa-/10152080484145487/

http://www.qureta.com/post/pembangunan-seperti-apa-dan-untuk-siapa




Tidak ada komentar:

Posting Komentar